Kamis, 11 Juni 2009

Cara merawat anak kucing dan tipsnya


Cara merawat anak kucing , Setelah lahir anak kucing harus diberi makanan yang alami (susu ibu) dalam waktu 10-20 menit. Jangan lupa untuk juga memberi makan induk kucing makanan dan air minum saat dia menyusui anak mereka.

Anak kucing dapat memakan makanan padat pada usia dua sampai tiga minggu. Sisihkanlah uang untuk memberi mereka makanan komersial maupun susu komersial khusus anak kucing. Dalam masa pertumbuhann seperti hindari untuk memberi susu sapi atau susu kambing karena masih belum dapat dicerna dengan sempurna karena mengandung laktosa.

Salah satu permasalahan pemilik kucing adalah sifat kucing yang selalu buang kotoran sembarangan. Untuk mengantisipasi hal ini sejak dini maka sediakan dua buah nampan untuk mengganti kotoran dan ganti nampan-nampan tersebut secara teratur pada siang hari. Secara alami anak kucing akan membuang kotoran disanan pada usia tiga sampai empat minggu.

anak-kucing2Untuk induk kucing yang menyusui sebaiknya atau mungkin harus diberi obat cacing setiap bulan. Dan untuk anak kucingnya sendiri harus diberi obat cacing setiap dua minggu. Dimulai pada umur dua minggu sampai berumur tiga bulan.

Anak kucing anda dapat disapih mulai umur delapan minggu. Pada tahap ini induk kucing akan tidak selalu bersama anaknya hingga harus diberi makanan padat.

Supaya nantinya kucing tidak bertindak agresif dengan manusia. Maka anak kucing harus melakukan kontak terhadap manusia pada umur setidaknya dua sampai tujuh minggu.

Supaya kucing tidak menyusahkan anda, Berilah banyak rangsangan baru yang tidak mengancam tentunya. Misalkan saja bunyi-bunyian maupun bertemu dengan binatang lain.

Jangan lupa untuk mengetahui sifat anak kucing, supaya anda dapat menebak suasana hatinya

* Jika andak kucing setengah matanya tertutup kemudian memutar sedikit telinganya kesamping itu menandakan anak kucing sedang merasa nyaman
* Jika pupil mata membesar itu artinya sedang terkejut
* Jika anak kucing mengarahkan telinga dan membuka mata lebar-lebar, itu berarti anak kucing ingin bermain
* Jika Mendongak dan menggerakkan kepala ke belakang, itu artinya mungkin seseorang sedang mendekatinya terlalu dekat
* Jika sedang mengarahkan telinga, memutarnya ke belakan dan juga mengecilkan pupil mata. WASPADALAH! Anak kucing sedang MARAH.
Semoga membantu anda dalam merawat anak kucing anda.

Sumber : http://kucing.web.id/merawat-anak-kucing/


Tips merawat anak kucing
Untuk merawat anak kucing perlu kesabaran dan perhatian yang extra, hal ini dikarenakan anak kucing masih sangat sensitif dengan lingkungan luar. ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam perawatan :
1. untuk 2 hari pertama pasca kelahiran.
Pada saat kitten berumur 2 hari, para pemilik harus benar - benar waspada terhadap kondisi kitten, hal ini dikarenakan zat antibodi pada anak kucing belum maksimal. Bisa dikatakan saat-saat ini adalah saat-saat yang kritis bagi anak kucing. Usahakan sang induk dapat menyusui anaknya, hal ini dikarenakan kitten sangat membutuhkan kolostrum (zat antibodi) yang terdapat dalam susu induknya. Jika sang induk belum mampu menyusui maka hendaknya pemilik memberikan susu kucing replacement (bisa dibeli di petshop, tapi ingat yang mengandung kolostrum!!). Berikan susu replacementnya setiap 2 jam sekali.
2. Kitten Berumur 1 - 3 minggu.
Pada saat berumur 1 minggu tali pusar kitten sudah mulai lepas sehingga kitten sudah jarang "menangis" pastikan besar dan berat tubuhnya mengalami perubahan yang signifikan. Pada umur ini mata anak kucing dan telinga mulai terbuka sedikit. Pada umur ini anak kucing bisa dikatakan sudah melewati masa kritis. Bagi pemilik jangan beri apapun pada anak kucing, jikalau induk sudah mampu mengurus bayinya sendiri, hal ini dilakukan agar induk kucing bisa menggunakan insting nya dalam merawat anaknya.
3. Kitten berumur 1 bulan.
Pada saat berumur 1 bulan Kitten bisa dikatakan "SELAMAT" dan insyaAllah bisa bertahan sampai dewasa, pada saat ini kitten sudah dapat berjalan dan berlari, bahkan sudah mulai bisa diajak bermain, rangsanglah gerak kitten dengan mengajaknya bermain. ajarkan kitten untuk buang hajat pada tempat yang seharusnya.
4. Kitten berumur 2 bulan.
Pada umur ikami biasanya memberikan makanan kucing merk IAMs atau Science diet>. hal ini dikarenakan pada saat ini kucing masih butuh banyak nutrisi untuk masa pertumbuhan.
karena faktor makanan sangat mempengaruhi bentuk tubuh dan bulu kucing. berikan vitamin bila perlu

Sumber : http://naturalcat.multiply.com/journal/item/5

Untuk info lainya bisa lihat di kucingkita.com :
http://www.kucingkita.com/modules.php?name=Forums&file=viewforum&f=6

6 komentar:

  1. ada gak kucing siam yang mau dijual?siam yang pure.mau belinya insyaallah tahun depan sekitar juni atau juli bila punya rumah kontrakan.kalau ada yang masih bayi atau masih belum lahir,dibook dulu,sila reply di blog saya.
    http://sayamukmukdia.blogspot.com
    makasih! :D

    BalasHapus
  2. Butuh advice. Ada kitten di rumah. Ditinggal sama induknya di bawah mobil (tepat di bawah ban mobil - jadi kalau mobilnya jalan, otomatis kitten nya kelindes). Untung segera ditemukan. Kasian banget. Aku sengaja taro di luar rumah dengan harapan induknya bakal ngambil dia. Ternyata ngga diambil :( Sekarang aku bingung harus gimana. Kasian kalo siang ngeong (malem ngga - kayaknya induknya cuma mampir malem buat nyusuin terus ditinggal lagi).

    Aku mau ngerawat, tapi gada pengalaman ngerawat kitten sebelumnya. Apa yang harus aku lakukan? :( desperately need help!

    BalasHapus
  3. thank ya mas atas info dan masukan buat saia semua artikel mengenai pupus saia suka apalagi foto2 kucing mas yg lucu2 ^^

    BalasHapus
  4. akuw, mw jual kucing anggora di cni bsa g ??
    akuw punya 2 ekor mw akuw jual . . . .
    umur 3 bulan ,

    BalasHapus

Jual kandang Kucing

1. kandang.jpg : Jual kandang kucing ukuran 60 x 80 x 60, warna putih & terbuat dari besi, harga 550.000,- tapi tanpa kucingnya ya.Cukup leluasa untuk 2 -3 kucing dewasa. Ada tangga yg bisa di lepas pasang.

2. Kandang kecil2.jpg : Kandang yg kecil, 60x40x45 cukup untuk 3 kiten atau satu dewasa, Kandang ukuran 60x40x45 ada jinjingannya (Pegangan untuk membawa kandang). Harganya paling murah deh cm 150.000,- tanpa ongkos kirim.

Cute Cats House
Jln Nanas Raya no 21a, perumnas 1 Tangerang.
087884653904 dan 93197310

Best seller

Best seller
Ukuran 80 x 60 x 60
Ada kesalahan di dalam gadget ini